5 Tips Agar Motor Tak Cepat Panas

by -36 views

Indosportif.Com, 5 Tips Agar Motor Tak Cepat Panas – Salah satu problem yang seringkali dirasakan oleh motor ialah mesin yang cepat panas atau overheat. Meskipun telah memakai oli motor terbaik terkadang masih terdapat faktor-faktor lainnya yangmenciptakan motor jadi cepat panas, terutama untuk motor-motor yang sering dipakai di perkotaan dan sering merasakan kemacetan. Di samping berisiko pada situasi mesin, overheat pun dapat mengganggu pengendara lainnya.

mesin motor panasPertolongan kesatu yang dapat Anda lakukan ialah mematikan mesin dan mendinginkannya. Namun, bagaimana andai adakeperluan mendesak yang tidak memungkinkan kita untuk menenangkan mesin terlebih dahulu? Anda dapat melakukan pencegahan. Ya, lebih baikmenangkal daripada menanggulangi bukan? Ini dia sejumlah cara yangdapat Anda kerjakan untuk menjaga supaya motor tak cepat panas:

Panaskan motor terlebih dahulu
Sebelum berangkat, usahakan kita memanaskan motor sekitar dua hingga tiga menit terlebih dahulu supaya oli tersikulasi dengan baik ke semua bagian mesin. Lebih baik menantikan dua hingga tiga menit daripadame sti menanggung risiko di jalan bukan?

Pilih oli yang sesuai
Selain mengayomi mesin, oli juga bermanfaat untuk menanggulangi masalah ini. Oli sangat dominan untuk mengontrol suhu di dalam ruang mesin. Karena itu, me sti hukumnya guna memilih oli yang cocok dan menggantinya secara teratur supaya dapat bekerja secara optimal. Takbutuh bingung memilih oli yang cocok dengan mesin motor Anda. Cukup lihat pada kitab petunjuk pemakaian oli pada motor. Di sana telah tertera tipe oli yang disarankan dan cocok dengan spesifikasi mesinsupaya dapat bekerja secar maksimal.

Cek cairan pendingin
Cairan pendingin atau yang lebih tidak jarang dikenal dengan water coolant bermanfaat untuk menenangkan mesin motor saat dinyalakan. Jika cairan pendingin berkurang, pastinya mesin motor bakal menjadi lebih cepat panas. Karena tersebut sangat disarankan untuk pengendaraguna rutin memeriksa dan mengubah cairan pendingin, terutama saat jarak tempuh motor sudah lumayan jauh.

Periksa kinerja kipas radiator
Komponen ini pun perlu diacuhkan untuk menangkal terjadinya overheat pada motor Anda. Apalagi andai usia motor kita sudah lumayan tua,seringkali performa kerja kipas radiator telah menurun sampai-sampai suhu mesin menjadi lebih cepat panas.

Atur kerapatan piston
Posisi piston yang terlampau rapat dapat menciptakan seher dan pistontidak bisa bergerak dengan fasih sehingga menghambat drainase pelumasan oli. Hal ini juga dapat membuat mesin menjadi cepat panas. Jika kita tidak begitu memahami setelan piston yang cocok dengan standar pabrik, usahakan bawa motor ke bengkel terdekat.

Itu dia sejumlah tips yang dapat Anda kerjakan untuk menangkal overheat pada motor. Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *