7 Produk Apple Terbaik Sepanjang Masa

  • Whatsapp

7 Produk Apple Terbaik Sepanjang Masa, Sebutkan salah satu perusahaan teknologi terkaya yang ada di dunia! Mungkin banyak dari kamu yang akan menjawab Apple dengan cepat.

Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak tersebut bisa menjadi sebesar sekarang karena keberhasilan produk-produknya. Oleh karena itu, kali ini Jaka akan kasih kamu daftar produk terbaik Apple sepanjang masa yang wajib kamu ketahui!

Produk Apple Terbaik

Dalam menentukan produk-produk yang di bawah ini, Jaka mempertimbangkan seberapa besar dampak yang dihasilkan oleh produk tersebut. Selain itu, hasil penjualan dan respon dari publik juga menjadi parameter lain. Tanpa perlu basa-basi lagi, inilah produk terbaik Apple.

1. Macintosh

Macintosh pertama dirilis pertama pada tahun 1984 dan menjadi salah satu Personal Computer (PC) paling populer di era tersebut karena menggunakan mouse dan graphical user interface (GUI). Apalagi, produk ini dipasarkan dengan menggunakan iklan 1984 yang sangat fenomenal dan diputar dalam ajang Super Bowl.

PC ini dilengkapi dengan layar 9 inci dengan prosesor Motorola 6800. Aplikasi yang terdapat di dalamnya antara lain MacPaint dan MacWrite. Dalam waktu tiga bulan, PC ini berhasil terjual sebanyak 70.000 unit dalam waktu tiga bulan dan 280.000 unit dalam waktu satu tahun.

2. iMac

Ketika Steve Jobs kembali ke Apple pada pertengahan 90-an, yang ia lakukan adalah memangkas habis produk-produk yang dianggapnya buruk.Sebagainya gantinya, ia meminta Apple untuk berfokus pada empat produk, di mana salah satunya adalah PC untuk penggunaan personal. PC tersebut adalah iMac.

PC yang satu ini memang terlihat berbeda dari PC kebanyakan yang terkesan suram dan menakutkan. Sentuhan desain dari Jony Ive membuat PC ini terlihat bersahabat dan ceria. Dalam waktu lima bulan, Apple berhasil menjual 800.000 unit. iMac dianggap sebagai pionir dalam era baru PC karena menambahkan USB dan optical drive, sekaligus membuat slot untuk floppy disk.

3. iPod

Tidak berlebihan jika Jaka menyebutkan iPod adalah salah satu produk yang berhasil menyelamatkan Apple dari kebangkrutan.Perusahaan ini berhasil merevolusi industri musik dengan iPod yang berkapasitas 5GB dan mampu menyimpan 1000 lagu di dalam kantong.

iPod sangat populer hingga tidak ada kompetitor yang berhasil menyainginya, termasuk Micorosft dengan Zune-nya dan Sony dengan Walkman-nya. Hingga kuarter pertama taun 2008, iPod sudah terjual sebanyak 10 juta unit dan menyumbang 25% pendapatan perusahaan.

Ketika iPhone dirilis, secara perlahan kehadiran iPod semakin memudar karena iPhone juga mampu digunakan untuk mendengarkan lagu.

4. iTunes

iPod tidak sendirian dalam melakukan revolusi dalam industri masuk. Ia ditemani oleh aplikasi pemutar musik iTunes. Diperkenalkan pada tahun 2001, iTunes memungkinkan pengguna Apple untuk menyimpan lagu koleksinya dalam satu tempat.

Beberapa tahun kemudian, dirilislah iTunes Store yang membuat orang bisa membeli lagu secara legal dengan harga yang terjangkau. Sekarang, kita juga bisa membeli buku, film, dan lain sebagainya. Sayang, beberapa waktu terakhir ini iTunes kalah populer dibandingkan Spotify, sehingga Apple memutuskan untuk menutup layanan tersebut dan berfokus pada layanan Apple Music.

5. iPhone

Ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone pertama kalinya pada tahun 2007, pasar handphone masih dikuasai Nokia. Pasar smartphone sendiri baru mulai meroket pamornya berkat kehadiran Blackberry. Akan tetapi, semua itu berubah ketika iPhone rilis.

iPhone pertama dirilis dengan harga $499 dan memiliki layar sentuh, sesuatu yang masih jarang pada masa tersebut. Berkat iPhone, nilai perusahaan Apple melonjak drastis dari $100 miliar menjadi $950 miliar. Penjualan iPhone sendiri menyumbang 60% dari pendapatan perusahaan.

Kehadiran iPhone juga mengubah peta penjualan handphone, apalagi setelah Google merilis Andoid pada tahun 2008, menyebabkan Nokia dan Blackberry tertatih-tatih. iPhone 11 series baru resmi dirilis beberapa hari lalu, mampukah produk andalan terbaru Apple ini menjadi suksesor selanjutnya? Mari kita tunggu.

6. The App Store

Steve Jobs adalah perfeksionis sejati. Ia membuat perangkat-perangkat Apple berada dalam satu ekosistem yang eksklusif agar tidak membutuhkan campur tangan pihak ketiga.

Karena alasan tersebut, pada awalnya aplikasi-aplikasi di iPhone hanya aplikasi-aplikasi yang diproduksi oleh Apple.Pada tahun 2008, Jobs sedikit melunak dan akhirnya merilis App Store yang memberikan kesempatan developer membuat aplikasi untuk iPhone setelah mendapatkan persetujuan dari Apple. Kehadiran App Store ini membuat bermunculan developer-developer aplikasi dan game. Hingga kini, App Store menjadi salah satu sumber pemasukan utama bagi Apple.

7. iPad

Apple dicibir ketika merilis iPad pada tahun 2010. Alasannya, sudah banyak yang berusaha menjual tablet PC dan menemui kegagalan, termasuk Microsoft.

Akan tetapi, Apple berhasil membuktikan bahwa prasangka publik keliru. iPad mereka laris manis di pasaran berkat banyaknya kelebihan yang ditawarkan. Sempat mengalami penurunan penjualan, Apple mengubah strategi dengan membuat iPad Pro untuk kalangan profesional dan iPad versi murah untuk pendidikan.

Akhir Kata
Jika diamati daftar di atas, produk-produk tersebut dirilis ketika Steve Jobs masih berada di dalam Apple. Ketika Jobs keluar dari perusahaan tersebut pada tahun 1985, tidak ada produk Apple yang benar-benar hebat sebelum ia melakukan comeback pada tahun 1996.

Selain itu, setelah Jobs meninggal pada tahun 2011, Apple juga terkesan berjalan di tempat. Produk baru yang mereka keluarkan hanya sekadar pensil dan jam tangan pintar. Hal tersebut bisa menjadi bukti bahwa kehadiran Jobs di Apple membawa pengaruh besar dalam menelurkan inovasi-inovasi produk yang sukses.

Related posts