Apa Itu Modal Ventura?

  • Whatsapp
Apa Itu Modal Ventura

Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura – Sudah pernah dengar investasi dari modal ventura? Modal ventura merupakan sebuah kerjasama dalam bentuk investasi dengan pembiyaan berupa modal ke dalam suatu perusahaan swasta dalam jangka waktu tertentu. Umumya modal ventura ini bermaksud untuk menyerahkan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan tersebut.

Startups/ perusahaan yang baru berdiri dan belum memenuhi persyaratan (standar berdirinya perusahaan) membutuhkan modal ventura ini sebagai modal pinjaman yang biasanya didapatkan dari sekelompok investor, perseorangan maupun institusi dan bank.

Namun sayangnya karena perusahaan masih baru berdiri, biasanya mereka mengalami kesulitan untuk mendapatkan modal ventura dengan kata lain sulit mendapatkan kepercayaan dari pihak investor.

Meskipun demikian, bisnis baru tidak harus mengalami kegagalan mendapatkan modal. Ada cara mendapatkan investasi dari modal ventura yang profesional supaya proposal diterima calon investor.

Apa Itu Modal Ventura?

“Modal ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu. Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha.

Investasi modal ventura ini biasanya memiliki suatu risiko yang tinggi namun memberikan imbal hasil yang tinggi pula. Kapitalis ventura atau dalam bahasa asing disebut venture capitalist (VC), adalah seorang investor yang berinvestasi pada perusahaan modal ventura.” ~ Wikipedia

Kelebihan dan Kekurangan Modal Ventura

Seringkali perusahaan ventura membidik perusahaan-perusahaan rintisan/ startups yang sedang berkembang dan butuh modal. Berbeda dengan bank, dalam hal pembiayaan, perusahaan modal ventura menjadi pihak yang berperan pada manajemen perusahaan rintisan tersebut.

Kelebihan Modal Ventura:

  1. Kemampuan dalam hal memperluan jaringan bisnis
  2. Memiliki sistem repayment yang murah
  3. Menjadi sumber dana/ modal dan juga membantu monitoring perkembangan bisnis
  4. Peluang untuk mendompleng reputasi perusahaan modal ventura yang memang sudah terkenal

Kekurangan Modal Ventura:

  1. Bila perusahaan rintisan menjadi sukses maka pengembalian pinjaman dana juga ikut besar
  2. Pendiri perusahaan bisa kehilangan kontrol dan juga kehilangan kepemilikan atas usaha yang di rintis karena sebagian besar saham dan manajemen bisnisnya dimiliki oleh perusahaan modal ventura
  3. Seringkali perusahaan modal ventura menolak permintaan modal karena mereka hanya mau memberikan pembiayaan hanya pada perusahaan rintisan yang dianggap bagus

 

Related posts