Bahaya Merokok bagi Kesehatan

  • Whatsapp
bahaya merokok

Bahaya Merokok bagi Kesehatan yang Harus Segera Anda Ketahui. Bahaya merokok bisa membahayakan hampir setiap organ tubuh, menyebabkan banyak penyakit, dan juga mengurangi kesehatan perokok aktif secara umum. Begitu pun dengan perokok pasif, maka seorang yang terpapar asap rokok dari seorang perokok aktif, yang sama berbahayanya bagi kesehatan. Berikut ini ada beberapa penyakit yang mungkin bisa dialami yaitu penyakit kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif kronis, penyakit jantung koroner, stroke dan juga penyakit berbahaya lainnya.

Merokok bisa menyebabkan banyak tumpukan penyakit yang bisa mengancam kesehatan. Berikut ini ada beberapa dampak bahaya merokok yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya

Read More

Fertilitas (Kesuburan)

Bahaya merokok terhadap reproduksi dan kesuburan cukup sangat fatal. Hal ini karena kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko impotensi atau disfungsi efeksi, kerusakan sperma, mengurangi jumlah sperma dan juga bisa menyebabkan kanker testis.

Bau Mulut dan Kerusakan Gigi

Bahaya merokok bisa juga menyebabkan bau mulut dan gigi bernoda. Hal ini juga bisa menyebabkan penyakit gusi dan juga kerusakan indera perasa. Bahaya rokok yang paling serius yaitu meningkatkan risiko mengembangkan kanker pada lidah, tenggorokan, dan bibir.

Penuaan Dini

Bahaya rokok selanjutnya yaitu bisa mengurangi jumlah oksigen menuju ke kulit. Sehingga hal ini bisa mempercepat penuaan dan kulit tampak kusam dan berwarna abu-abu. Merokok di usia muda yaitu antara 10-20 tahun bisa menyebabkan kerutan di wajah, terutama di sekitar mata atau kantung mata dan mulut, tiga kali lebih mungkin.

Tulang Rapuh

Bahaya rokok bagi kesehatan berikutnya yaitu bisa menyebabkan tulang cepat lemah dan juga rapuh. Terutama untuk wanita perokok, 5-10% lebih mungkin untuk  menderita osteoporosis jika dibandingkan non-perokok.

Penyakit Pencernaan

Bahaya rokok bagi kesehatan yang lainnya yaitu dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker perut, resiko kanker ginjal, pankreas, dan juga kandung kemih.

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Bahaya merokok bagi kesehatan juga dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). PPOK yaitu penyakit progresif yang membuat seseorang sulit untuk bernapas. Banyak perokok yang tidak tahu bahwa mereka telah terkena penyakit ini hingga sudah terlambat. Tidak ada obat untuk bisa menyembuhkan penyakit ini dan belum ada cara untuk menyembuhkannya.

Serangan Jantung

Karbon monoksida dari rokok ini bisa mengambil oksigen dalam darah dan bisa menyebabkan risiko mengembangkan kolesterol mengendap di dinding arteri. Efek seperti ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Cara Menghindari Bahaya Merokok

Batas aman dalam menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu. Hal ini karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiaktif itu, para perokok biasanya cenderung menghisap asap rokok secara lebih keras, lebih dalam dan lebih lama. Berikut ini yang mungkin bisa Anda terapkan untuk menghindari dampak bahaya rokok bagi kesehatan

Analisis Kebiasaan

Lakukanlah analisis atas kebiasaan-kebiasaan merokok yang telah Anda lakukan selama ini. Misalnya, kapan Anda secara otomatis ingin mengisap rokok. Hasil dari analisis ini akan membantu dalam mengerem keinginan merokok di kemudian waktu.

Susun Daftar Alasan

Lakukanlah segala hal yang bisa membuat Anda tidak kembali untuk merokok. Selalu ingat alasan-alasan yang bisa mendasari Anda untuk tidak merokok lagi. Jika perlu susunlah daftar alasan itu, seperti halnya menghindari kanker, gagal jantung, gangguan pencernaan, kehidupan sosial yang lebih baik, menabung, ingat kesehatan dan juga kepentingan keluarga, dan makan lebih enak.

Baca Juga Kaitannya Kesehatan Anda yang Gemar Konsumsi Makanan Renyah

Langsung Berhenti

Pilihlah satu hari di mana Anda akan mulai untuk berhenti merokok. Pada hari itu, langsunglah berhenti total tanpa melakukan kebiasaan merokok lagi. Beritahukan rencana Anda tersebut kepada orang-orang terdekat agar mereka bisa membantu Anda. Teruslah mengingat akan bahaya merokok supaya Anda bisa semakin yakin untuk bisa segera berhenti.

Waspada pada hari-hari awal, karena bisa jadi akan terasa sangat berat. Jadi cobalah untuk mengalihkan perhatian dengan mengkonsumsi permen atau permen karet tanpa gula untuk sementara waktu. Kurangilah kegiatan yang berkaitan dengan kebiasaan merokok.

Inilah beberapa dampak bahaya merokok bagi kesehatan. Sebaiknya segeralah Anda hilangkan untuk menciptakan hidup sehat yang lebih bermanfaat.

Related posts