Investasi Saham

  • Whatsapp
cara beli saham

Dari sekian banyak instrumen investasi, saham merupakan salah satu bentuk investasi yang menarik. Hal ini dikarenakan saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki imbal hasil yang besar dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Banyak investor yang ingin berinvestasi di saham, namun ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh investor pemula mengenai memulai investasi saham.

Read More

Karena itu dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara memulai investasi saham dari membuka rekening saham hingga membeli saham. Sebelum kita mulai membahas mengenai cara membeli saham, mari kita mulai dari cara membuka rekening saham.

Baca Juga Cara Membeli Saham

Persyaratan Rekening Saham

Proses untuk membuka rekening saham terbilang cukup sederhana. Sebelum Anda mencoba membuka rekening saham, ada beberapa syarat yang perlu Anda siapkan untuk dapat membuka rekening saham, antara lain:

  1. ID Card: KTP/KITAS/PassportID Card adalah syarat wajib bagi Anda yang ingin membuka rekening saham. Untuk WNI, maka syarat wajib yang diperlukan adalah KTP, tidak bisa digantikan dengan SIM atau Passport. Sementara bagi WNA, maka syarat KITAS/Passport menjadi syarat wajib juga.
  2. NPWP juga menjadi syarat wajib saat pembukaan rekening efek. Bila Anda belum mempunyai NPWP, Anda dapat meminta surat pada sekuritas tempat Anda mendaftar rekening untuk membuat pernyataan tidak memiliki NPWP, yang ditandatangani di atas me
  3. Cover Buku Tabungan juga termasuk salah satu syaratnya. Dengan adanya cover buku tabungan, memudahkan pihak sekuritas memeriksa rekening bank nasabah. Bila nantinya nasabah ingin menarik uangnya dari rekening saham, rekening inilah yang jadi bank penampungan tiap kali melakukan penarikan dana. Anda pun dapat mengintegrasikan rekening bank Anda menjadi RDI dengan berkonsultasi pada broker.
  4. No Identitas KSEI, persyaratan ini hanya berlaku bila Anda yang sebelumnya sudah mempunyai rekening saham dan ingin membuka rekening kedua.
  5. Fotokopi KTP suamifotokopi NPWP suami, dan juga fotokopi Kartu Keluarga biasanya juga perlu disertakan bila pekerjaan Anda adalah seorang Ibu Rumah Tangga.
  6. Meterai Rp6.000, Anda dapat sediakan uang untuk membeli meterai. Meterai yang dibutuhkan antara 2-8 meterai, bergantung pada kebutuhan Anda.

Setelah Anda telah mempersiapkan semua persyaratan di atas, maka Anda mulai dapat menentukan sekuritas mana yang Anda pilih.

Bila Anda masih bingung untuk menentukan sekuritas mana, Anda dapat membaca terlebih dahulu tips memilih broker saham dari kami. Semoga Anda mendapatkan broker yang sesuai dengan Anda.

Related posts