Khasiat Kemiri dan Kapulaga bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Khasiat Kemiri
Khasiat Kemiri

Khasiat Kemiri dan Kapulaga bagi Kesehatan Tubuh, Bagi ibu rumah tangga yang hobi memasak pastinya sudah tidak asing lagi dengan rempah atau bumbu dapur seperti kemiri. Bumbu dapur yang satu ini kerap digunakan dalam salah satu rempah yang dapat menambah sedap suatu masakan. Tetapi ternyata tidak hanya sebagai bumbu penyedap masakan saja kegunaan dari kemiri ini. Kemiri pun dapat diekstrak menjadi minyak kemiri yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Penasaran kan apa saja ya manfaat dari kemiri dan minyak kemiri bagi kesehatan? Simak manfaatnya yuk

  •   Dapat mengobati diare

Kemiri dapat digunakan untuk mengobati buang air besar yang terlalu encer atau yang dikenal dengan diare. Hal ini karena kemiri mempunyai kandungan gizi yang ampuh untuk menyingkirkan diare dan juga bakteri yang menjadi penyebab diare tersebut. Jadi bila anda sedang mengalami diare sebaiknya secara rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung kemiri di dalamnya.

  • Mengatasi sakit gigi

Manfaat lainnya dari kemiri yaitu dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi. Untuk penggunaannya pun cukup mudah yaitu hanya perlu menghaluskan beberapa butir kemiri kemudian mencampurnya dengan getah batang kemiri. Setelah itu campuran dari kedua bahan tersebut tempelkan pada gigi yang bermasalah agar dapat emngurangi rasa sakitnya.

  • Mengobati Sariawan

Tidak hanya dapat mengatasi sakit gigi, tetapi juga biji kemiri dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya pun mudah, cukup menempelkan biji ataupun getah kemiri pada bagian yang terkena sariawan saja.

  • Mengatasi disentri

Belum banyak yang mengetahui bahwa kemiri sangat bagus untuk kesehatan pencernaan karena mengandung vitamin dan asam folat di dalamnya. Kandungan tersebut dapat mengobati gangguan pencernaan seperti disentri dan diare. Untuk mengobati disentri, siapkan 10 gram kulit batang kemiri, 400 cc air dan kemudian rebus kulit batang dengan air tersebut sampai tersisa 200 cc. Lalu saring dan minum air rebusan tersebut selagi masih hangat.

  • Mengobati gigitan serangga

Kemiri juga dapat dimanfaatkan sebagai obat oles  untuk mengobati bekas gigitan serangga. Bilamana anda mengalami peradangan dan merah-merah, oleskan minyak kemiri untuk menghilangkan bekas gigitan serangga tersebut.

Sama halnya dengan kemiri, kapulaga yang merupakan jenis rempah lainnya yang sering digunakan sebagai penambah rasa serta aroma pada masakan juga mempunyai manfaat yang tidak kalah bagus dengan kemiri. Kapulaga mempunyai manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti :

  • Sebagai pereda nyeri

Yaitu dengan cara mencampurnya dengan teh yang kemudian diminum, bagi wanita yang sedang dalam masa menstruasi dapat membantu untuk mengatasi nyeri akibat menstruasi tersebut.

  • Mengobati flu dan sinus

Dapat meringankan gejala dada yang terasa sesak dan juga sinus. Di dalam kapulaga terkandung minyak kapur barus sehingga bila dicampurkan dalam secangkir teh yang panas maka minyak kapur barus tersebut akan lepas dan membantu mengurangi hidung serta tenggorokan yang tersumbat.

  • Detoksifikasi racun

Menurut Encyclopedia of Natural Medicine, teh kapulaga dapat menghilangkan racun yang terjadi sebagai akibat dari mengkonsumsi suatu makanan atau akibat dari lingkungan tempat. Teh kapulaga dapat membantu tubuh untuk membuang racun dan selain itu juga bermanfaat bagi sistem peredaran darah serta sistem pencernaan.

Related posts